belajar membuat rpp

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : 12 IPS/I
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit (1X pertemuan)
Model : PROGRAM
Pantau Pembelajar (siswa)
1. Karekteristik umum : siswa kelas 12 tergolong remaja, dan memiliki semangat belajar yang tinggi untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi UN.
2. Kompetensi awal
Materi awal yang telah dipelajari saat SMP
Rumusan Tujuan Pembelajaran atau Kompetensi
Standar Kompetensi : siswa SMA kelas 12 semester I dapat memperaktekan keterampilan dasar peta.
Kompetensi Dasar :
A. Audience
Siswa SMA kelas 12 semester I jurusan Ilmu pengetahuan Sosial
B. Behavior
1. Mengenal prinsip dasar peta
2. Membuat keterampilan dasar peta
C. Condition
1. Buku cetak, buku paket Geografi kelas 12
2. Atlas, peta berukuran besar dan globe
D. Degree
1. Penyelesaian tugas dan praktek membuat peta
2. Membuat tugas kelompok
Olah Isi / Ajaran
1. Melakukan analisis terhadap ragam pengetahuan yang terkandung dalam pokok bahasan.
2. Sifat pengetahuan
Prasyarat yang harus dimiliki adalah pengetahuan dasar tentang peta
3. Alternatife penyajian
Siswa dapat melakukan praktek membuat peta dengan penugasan kelompok.
Gunakan Media dan Metode dengan tepat
A. Metode yang tepat
• Penjelasan materi oleh guru
• Latihan membuat peta dan menjawab soal
• Diskusi kelompok
• Pembentukan kelompok


Pokok Bahasan : Peta
Ragam pengetahuan yang dimaksud adalah prinsip dasar dan keterampilan membuat peta.
Sub pokok bahasan Bagian Pengetahuan
Peta • Pengertian tentang peta dan jenisnya
• Standar komponen peta Prinsip
Teori Pembuatan peta • Pengukuran jarak
• Pengukuran Arah
• Menentukan Skala dan garis kontur Keterampilan membuat peta
Membaca Peta • Peta umum
• Peta khusus prinsip
Proyeksi • Proyeksi Azimut
• Proyeksi silinder
• Proyeksi kerucut
• Proyeksi unik Keterampilan membuat peta


B. Media yang sesuai
• Modul atau buku Paket tentang peta (buku Geografi kelas 12)
• Alat pelengkapan menggambar : pensil, penghapus penggaris
• Peta dunia yang berukuran besar
• Atlas
• Globe
Renungan Sejenak
1. Refleksi diri (guru)
Membuat catatan diri tentang materi yang belum dikuasai sebagian siswa dan bagaimana mengatasinya
Menjawab beberapa pertanyaan dari
Apakah siswa tertarik membuat peta ?
Apakah siswa merasa kesulitan saat membuat peta ?
Bagian materi mana yang belum dipahami oleh siswa ?
Berapa pertemuan yang diperlukan untuk materi ini ?
Bagaimana membuat siswa tertarik dengan materi ini ?

2. Diskusi dengan mitra Pengajar
Berdiskusi dengan Tenaga Pengajar Geografi di Sekolah terkait untuk pokok bahasan,Metode, Strategi Penyajian.
3. Kiat dan Siapkan
1. Mempelajari materi tentang Peta
2. Mempraktekkan membuat Peta
3. Menentukan skala dalam Peta
Siapkan Bahan Ajar dan Lingkungan
1. Menyediakan Peta berukuran besar saat menjelaskan mengenai komponen-komponen peta.
2. Menyediakan Atlas sesuai dengan jumlah siswa.
3. Menyiapkan Globe
4. Membuat Lembar Kerja Siswa dan Lembar Kegiatan
5. Mempraktekkan Teknik membuat Peta
6. Memberitahukan kepada siswa apa ynag harus dibawa saat membuat peta.
Atur Kegiatan Peserta Didik
1. Siswa dibagi Kelompok, 1 Kelompok terdiri dari 4 siswa
2. Alokasikan waktu untuk penyajian materi, penjelasan materi, praktek membuat peta dll.

Pertemuan 1.
Waktu
1. Penjelasan materi 40 menit
2. Tanya Jawab 15 menit
3. Tes Penguasaan 20 menit
4. Review + Persiapan untuk minggu depan 15 menit
Pertemuan 2
1. Penjelasan materi 30 menit
2. Membaca Peta dan komponennya 30 menit
3. Kuis untuk kelompok 15 menit
4. Review dan Persipan untuk minggu depan 15 menit

Pertemuan ke 3
1. Persiapan praktek membuat peta 10 menit
2. Mempraktekkan membuat peta 35 menit
3. Penjelasan materi 20 menit
4. Review materi dari awal 25 menit

Pokok bahasan tentang Peta diselesaikan dalam waktu 3x pertemuan atau 6 x 45 menit.
Menilai dan Memperbaiki
A. Hasil belajar
Contoh tugas :
Kerjakan bersama kelompok belajarmu.
- Petakkan sekolah mu dengan membuat lokasi gedung dan kenampakan penting disekolah mu.
- Ukurlah arah dan jarak bangunan dengan kompas dan meteran.
- Pedoman titik pusat dan arah pengukuran, pengukuran dapat diambil dari salah satu titik dari perkarangan sekolah.
Cotoh tugas :
- Kalian dapat mencari informasi isi pada peta dan atlas
- Sebutkan nama kota, gunung, sungai yangdilengkapi dengan indeks seperti uang dicantum pada peta Aceh.
- Menjawab soal latihan pilihan ganda
B. Penilaian forto folio
Setiap siswa diminta untuk menyusun forto folio untuk setiap kegiatan tugas baik kelompok maupun individu.
Proposi penilaian adalah
• Latihan 25 %
• Forto folio 25 %
• Praktek membuat peta 40 %
• Kerjasama 10 %

Tidak ada komentar:

Posting Komentar